Mengorek Berapakah Upah Luis Milla di Timnas Indonesia

 

 

Liga.co.id – Luis Milla sudah diresmikan sebagai manager baru tim nasional Indonesia semenjak Jumat (20/1/2017).

Buat PSSI, mengontrak Milla bermakna beli nama besar serta rekam jejak mentereng sang juru taktik. Milla sudah menunjukkan mutunya dengan membawa Spanyol kampiun Piala Eropa U-21 pada 2011.

Lalu, berapakah harga yang perlu dibayarkan untuk upah Milla?

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menampik untuk mengungkapkan nominal kontrak mantan pesepakbola El barca serta Real Madrid itu.

” Kami pasti tak dapat mengatakan angka. Sebab, ada perjanjian berkaitan hal semacam itu dengan Milla, ” bisik Joko pada Kompas. com, Hari rabu (25/1/2017).

Cuma, prakiraan bayaran Milla mungkin saja dapat terbaca lewat manager timnas dari saat ke saat.

Sosok pertama yaitu Peter Withe. Ia dikontrak dari Maret 2004 sampai November 2007.

PSSI memberi 11. 000 dollar AS (sekarang setara Rp 146 juta) per bln. untuk upah awal. Ia juga terima kenaikan seribu dollar tiap-tiap tahunnya.

Artinya, Withe memperoleh upah 14. 000 dollar AS (sekarang setara Rp 186 juta) per bln. pada 2007.

Memperbandingkan dengan Withe, Joko juga memberi sedikit panduan masalah upah Milla.

” Nilainya pasti semakin besar dari pada Withe. Sebab, kami juga menimbang rekam jejak terlebih dulu serta tujuan yang didapatkan, ” bisik Joko.

Bersama Milla, PSSI memanglah membidik medali emas SEA Games 2017 serta semi final Asian Games 2018.

Selepas Withe, PSSI sempat juga menggelontorkan dana besar untuk Alfred Riedl untuk mengatasi timnas pada Piala AFF 2016. Besarannya sekitar pada Rp 150 juta hingga Rp 200 juta.

Bagaimana bila upah Riedl dibanding dengan Milla?

” Nilai kontrak manager anyar tiga kali lipat dari pada Riedl, ” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, pada wartawan di Cijantung, Hari rabu (11/1/2017).

Pergi dari perbandingan dengan Withe serta Riedl, Milla juga dapat dinobatkan sebagai manager dengan bayaran termahal selama histori timnas.