Hasil Pertandingan AFC Cup 2018 : Persija vs Sông Lam Nghệ An 1-0

Liga.co.id – Persija Jakarta berhasil mencapai tiga point ke-2 mereka pada fase group Piala AFC 2018, melawan Sông Lam Nghệ An (SLNA), di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Hari rabu (14/3) malam.

Kemenangan ini dipersembahkan Addison Alves, yang membungkam para peragu karna sosoknya tertutup kegemilangan Marko Šimić. Dengan hasil ini, tujuh point telah dihimpun tim Macan Kemayoran.

Dihadapan suporternya sendiri, Persija begitu bernafsu untuk cetak gol cepat. Kans didapat lewat sepakan bebas Riko Simanjuntak, tetapi masih melebar. Bagian kiri Persija cukup menguasai dalam menekan pada sepuluh menit awal.

Marko Šimić terangnya jadi arah serangan dari tim ibu kota, namun terkadang bomber asal Kroasia itu sangat memaksakan. Pernah ia melepas sepakan akrobatik dari luar kotak penalti pada menit 23′, lima menit kemudian, sundulannya mengenai tiang.

SLNA yang tidak membawa pemain terbaik mereka lakukan pendekatan dengan bermain aman serta rapi dalam bertahan. Persija yang sesungguhnya demikian ngotot dalam menyerang juga kesusahan untuk menembus rapatnya barisan pertahanan mereka.

Menit ke-44 Riko dapat merebut bola dari defender SLNA serta mengopernya pada Šimić. Bola diarahkan Šimić ke tiang jauh, namun tembakannya tipis diatas mistar. Agresivitas Persija berlanjut sampai dua menit saat penambahan sesi pertama.

Mendekati turun minum, ketegangan dimuka gawang SLNA yang bermula dari umpan silang Rezaldi Hehanussa dapat dimaksimalkan Riko jadi gol. Tetapi dibatalkan, karna wasit menganggap sudah berlangsung pelanggaran lebih dahulu oleh Šimić.

SLNA tidak juga terlihat akan lebih menyerang di babak ke-2. Ramdani Lestaluhu pernah memperoleh kans pada menit 52′, namun tendangannya diblok. Enam menit berselang, giliran sepakan Rudi Widodo yang tipis melenting dari tujuan.

Untuk menaikkan daya gedor, Addison Alves pun dimainkan serta Rohit Chand ditarik keluar. Striker veteran asal Brasil itu menyebar ancaman pada menit ke-62 lewat sepakan jarak jauh yang masih dapat ditepis penjaga gawang SLNA, Le Quang Dai.

Lagi-lagi Persija dibikin gigit jari oleh ketentuan wasit. Kesempatan ini gol dari Addison menit 66′ tidak dinyatakan sah karena dipandang sudah ada di tempat offside. Addison pernah lakukan protes kecil pada hakim garis, yang cuma bergeming.

Masuknya Bambang Pamungkas menukar Rudi Widodo, dan Fitra Ridwan mengisi lini tengah diinginkan dapat memecah kebuntuan Persija. Kans emas pernah didatangkan Bepe lewat sundulan, tetapi dapat digagalkan penjaga gawang SLNA.

Pada menit 88′ serangan balik dari SLNA cukup buat Jakmania berdebar, untungnya tendangan Lee The Cuong tidak pas sasaran. Tindakan komedi dilihatkan Ho Phuc Tinh dengan jalan mundur saat ia akan digantikan oleh Phu Nguyen.

Pemain Persija tidak suka dengan tingkah dari Phuc Tinh sampai Jaimerson Xavier mendorong sang pesepakbola, wasit juga memberi Jaimerson kartu kuning. Lima menit waktu tambahan serta SLNA tunjukkan gelagat untuk mengulur waktu.

Puncak penantian Persija akan gol yang ditunggu pada akhirnya ada pada pengujung pertandingan lewat sepakan voli Addison Alves yang cantik nan menghadap ke pojok gawang. Semua Jakmania bersorak serta tiga point juga pada akhirnya aman di genggaman tuan-rumah.

Susunan Pemain

Persija : Andritany Ardhiyasa ; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa ; Sandi Sute, Rohit Chand (59′ Addison Alves), Ramdani Lestaluhu (77′ Fitra Ridwan) ; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Rudi Widodo (77′ Bambang Terakhir).

Sông Lam Nghệ An : Le Quang Dai ; Nhat, Hoang Van Khanh, Tran Dinh, Vo Ngoc Duc (70′ Pham Xuan Manh) ; Le Manh Dung, Ngo Kuan Toan, Le The Cuong ; Ho Tuan Tai, Phuc Tinh (89′ Phu Nguyen), Nguyen Viet (79′ Caou Xuan Thang).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*